22 Januari 2024 By: Tim Sosial Media Disdukcapil Purwakarta

327 Pemilih Pemula di Babakancikao Purwakarta Sudah Melakukan Perekaman e-KTP

blog image

Sisijabar.com - Selama enam Minggu terakhir, sejak awal Desember 2023, sebanyak 560 warga yang berusia 17 tahun di Kecamatan Babakancikao, Purwakarta sudah melakukan perekaman e-KTP. Usai 17 tahun ini merupakan warga yang wajib untuk memiliki e-KTP.

Menurut Kordinator wilayah operator Disdukcapil Kabupaten Purwakarta yang bertugas di Kecamatan Babakancikao (BBC) mengatakan, untuk wilayah ini sebanyak 560 orang terdiri dari pemilih pemula saat mencoblos nanti ditargetkan sudah memiliki e-KTP.

"Salah satu persyaratan untuk mencoblos di TPS dalam Pemilu 14 Februari nanti adalah membawa e-KTP. Maka dari pada itu, kami membantu warga pemilih pemula untuk mempermudah dalam kepemilikan KTP. Maka daripada itu petugas dari Disdukcapil Kabupaten Purwakarta tetap membuka layanan hingga Minggu," demikian ungkap Budi Setia Akbar, SE saat ditemui Sisijabar, Minggu, (21/1/2024) di kantor Kecamatan Babakancikao Purwakarta.
 

Budi menambahkan, sejak akhir tahun 2023 hingga kini, sebanyak 327 orang sudah datang ke kecamatan untuk melakukan perekaman e-KTP.

"Berdasarkan data dari Disdukcapil, sebanyak 560 warga di Babakancikao belum memiliki KTP. Dari jumlah tersebut yang sudah perekaman 327 orang dan sisanya sebanyak 233 lagi. Untuk mengatasi hal itu kami sudah melayangkan surat undangan melalui Desa-desa dan RT RW. Kebetulan Pemilu akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024, sebagai salah satu persyaratan untuk nyoblos adalah menunjukkan e-KTP ke petugas KPPS, jika sudah memiliki KTP maka warga tersebut berhak untuk nyoblos," katanya.

Sejak awal pelaksanaan (10 Desember 2023) yang lalu hingga kini, sudah terhitung enam Minggu petugas dari Disdukcapil Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat bertugas melayani perekaman KTP.

Budi mengharapkan kepada pemerintah pusat untuk menyediakan blangko e-KTP agar menjelang Pemilu nanti seluruh warga pemula yang akan nyoblos bisa lancar karena sudah memiliki e-KTP.

Sumber : https://www.sisijabar.com/daerah/86111589679/327-pemilih-pemula-di-babakancikao-purwakarta-sudah-melakukan-perekaman-e-ktp