web link

pengunjung web

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterhari ini10
mod_vvisit_counterkemarin31
mod_vvisit_counterminggu ini147
mod_vvisit_counterminggu kemarin178
mod_vvisit_counterbulan ini3452
mod_vvisit_counterbulan lalu872
mod_vvisit_counterseluruhnya113261

We have: 2 guests, 2 bots online
Your IP: 112.215.66.78
Chrome 42.0.2311.109, Linux
Today: Jul 24, 2015

agenda

July 2015
SunMonTueWedThuFriSat
1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
Home S O P Akta kematian
pastikan anda sekeluarga telah memiliki akta kelahiran#pengurusan dan penerbitan dokumen kependudukan (KTP,KK, Akta Kelahiran) di Kabupaten Purwakarta tidak dipungut biaya (gratis)#masa berlaku KTP el seumur hidup#bersama anda layanan kami istimewa

Ads on: Special HTML

SOP Akta Kematian

 

 

 

 

 

DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

KABUPATEN PURWAKARTA

Nomor SOP

Nama SOP

Tanggal Pembuatan

Tanggal Revisi

Tanggal Effektif

Tanggal Revisi

:

:

:

:

:

:

 

Penerbitan Kutipan Akta Kematian bagi WNI

1 Januari 2010

-

-

0

Di Sahkan

Di Periksa

Di Buat

 

 

 

Ir. H. Agus R. Suherlan,MM

(Kadis)

 

 

 

 

(Kepala Bidang Dafduk)

 

 

 

 

(Kasie)

 

 

Dasar Hukum

Kualifikasi Pelaksana

  1. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan  (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2006 Nomor 124, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4674);
  2. Peraturan  Pemerintah  Nomor 37 tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan  (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 80, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4736); sebagaimana telah diubah dengan  Peraturan  Pemerintah  Nomor 102 tahun 2012  tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan  (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 265, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5373);
  3. Peraturan  Presiden   Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tatacara Pendaftaran Penduduk  dan pencatatan  Sipil ;
  4. Peraturan Daerah Kabupaten Purwakarta Nomor 21 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Administrasi  Kependudukan;
  5. Peraturan Daerah Kabupaten Purwakarta Nomor 9 Tahun 2012 tentang Retribusi Pengantian  Biaya  Cetak  KTP  dan Akta Pencatatan Sipil ;
  6. Peraturan Bupati Purwakarta nomor 47 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 21 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Purwakarta sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Bupati Nomor 42 Tahun 2012 tentang  Perubahan atas Peraturan Bupati Purwakarta nomor 47 Tahun 210 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 21 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Purwakarta.
    1. Memahami Tugas  Pokok dan Fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
    2. Memahami Struktur Organisasi dan Tatakerja  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
    3. Menguasai  Peraturan Perundang undangan yang berkaitan dengan Akta Kelahiran
    4. Menguasai Informasi Tekhnologi (Mengikuti pelatihan SIAK)

Keterkaitan :

Peralatan dan perlengkapan

  1. Lintas Pemerintah Kabupaten
  2. Lintas Pemerintahan Kecamatan
  3. Lintas Pemerintahan Desa
  4. Lintas Komponen
    1. Komputer (PC), Printer
    2. Kamera
    3. Alat Tulis Kantor
    4. Formulir Pendaftaran
    5. Buku Peraturan Perundang-undangan

Peringatan

Pencatatan dan Pendataan

  1. Terhadap kemungkinan lambatnya pelayanan diupayanakan dengan mengintensifkan pola pelayanan
  2. Peningkatan  Kualitas SDM pelayanan
  3. Keterbatasan Sarana dan Prasarana yang tersedia
    1. Meregistrasi Surat Permohonan Akta Kematian;
    2. Memverifikasi Persyaratan di tingkat Kabupaten;
    3. Melakukan entri data oleh operator SIAK;
    4. Mencetak Kutipan Akta Kematian;
    5. Penyerahan Akta Kematian.

Uraian Prosedur

Pelaksana

Mutu baku

ket

Kutipan Akta Kematian

Kadis

sekdis

Kabid

Kasi

Operator

Pront ofice

Kecamatan

Desa

Kelengkapan

Waktu

output

 

Pengisian Formulir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Formulir F2.29

 

 

 

Formulir Aktif

 

 

Pengambilan Nomor Antrian

 

 

 

 

 

 

 

 

Mesin Antrian

1 mnt

 

Resi No Antrian

 

 

Penduduk melapor dg melengkapi  persyaratan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Surat Pengantar dari RT/RW untuk mendapatkan Surat Keterangan Kematian dari Kepala Desa/Lurah;
  2. Surat Keterangan Kematian dari Kepala Desa/Lurah dan atau  Dokter/Paramedis;
  3. KTP Asli;
  4. Foto copy Kartu Keluarga;
  5. Foto copy KTP 2 orang saksi;
  6. Mengisi Formulir Kematian;
  7. Akta Kelahiran yang bersangkutan (apabila ada).

 

 

 

 

Petugas mencatat dalam buku BHPP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Buku BHPP

Hari Kedua

Registrasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Petugas memverifikasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Buku Register/Database SIAK

Hari Kedua

Buku registrasi

 

 

Verifikasi dan pengesahan oleh pejabat

 

 

 

 

 

 

 

 

Kutipan yang telah disahkan oleh pejabat

Hari Kedua

Akta Kematian yang blm di tanda tangani

 

 

Penandatanganan Dokumen Akta Kematian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kutipan yang sudah di tandatangani

Hari ketiga

Akta Kematian yang sdh di tanda tangani

 

 

Penyerahan Dokumen Akta Kematian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dokumen Surat Pengantar

Hari ketiga

Dokumen akta kematian

 






















 

Last Updated (Thursday, 19 December 2013 13:37)