web link

pengunjung web

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterhari ini17
mod_vvisit_counterkemarin11704
mod_vvisit_counterminggu ini36087
mod_vvisit_counterminggu kemarin10359
mod_vvisit_counterbulan ini49751
mod_vvisit_counterbulan lalu872
mod_vvisit_counterseluruhnya159560

We have: 2 guests online
Your IP: 103.246.201.17
Blackberry , 
Today: Jul 29, 2015

agenda

July 2015
SunMonTueWedThuFriSat
1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
Home S O P Akta Kelahiran
pastikan anda sekeluarga telah memiliki akta kelahiran#pengurusan dan penerbitan dokumen kependudukan (KTP,KK, Akta Kelahiran) di Kabupaten Purwakarta tidak dipungut biaya (gratis)#masa berlaku KTP el seumur hidup#bersama anda layanan kami istimewa

Ads on: Special HTML

SOP Akta Kelahiran

 

 

 

 

 

DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

KABUPATEN PURWAKARTA

Nomor SOP

Nama SOP

Tanggal Pembuatan

Tanggal Revisi

Tanggal Effektif

Tanggal Revisi

:

:

:

:

:

:

 

Penerbitan Kutipan Akta Kelahiran

1 Januari 2010

-

-

0

Di Sahkan

Di Periksa

Di Buat

 

 

 

Ir. H. Agus R. Suherlan,MM

(Kadis)

 

 

 

 

(Kepala Bidang Capil)

 

 

 

 

(Kasie)

 

 

Dasar Hukum

Kualifikasi Pelaksana

  1. Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1974 No 1, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia No 3019);
  2. Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2002 No 109, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia No 4235);
  3. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan  (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2006 Nomor 124, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4674);
  4. Peraturan Pemerintah  Nomor 37 tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan  (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 80, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4736); sebagaimana telah diubah dengan  Peraturan  Pemerintah  Nomor 102 tahun 2012  tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan  (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 265, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5373);
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1975 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan;
  6. Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tatacara Pendaftaran Penduduk  dan pencatatan  Sipil ;
  7. Peraturan Daerah Kabupaten Purwakarta Nomor 21 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Administrasi  Kependudukan;
  8. Peraturan Daerah Kabupaten Purwakarta Nomor 9 Tahun 2012 tentang Retribusi Pengantian  Biaya  Cetak  KTP  dan Akta Pencatatan Sipil ;
  9. Peraturan Bupati Purwakarta nomor 47 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 21 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Purwakarta sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Bupati Nomor 42 Tahun 2012 tentang  Perubahan atas Peraturan Bupati Purwakarta nomor 47 Tahun 210 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 21 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Purwakarta.
  10. Keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor 18/PUU-XI/2013 Tanggal 30 April 2013 Pasal 32 Ayat 2 Tentang Administrasi Kependudukan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat
  11. Peraturan Daerah No 9 Tahun 2012 tentang Struktur dan Besaran tarif Retribusi penggantian Cetak Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Akte catatan Sipil.
  12. Memahami Tugas  Pokok dan Fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  13. Memahami Struktur Organisasi dan Tatakerja  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  14. Menguasai  Peraturan Perundang undangan yang berkaitan dengan Akta Kelahiran
  15. Menguasai Informasi Tekhnologi (Mengikuti pelatihan SIAK)

Keterkaitan :

Peralatan dan perlengkapan

  1. Lintas Pemerintah Kabupaten;
  2. Lintas Pemerintahan Kecamatan;
  3. Lintas Pemerintahan Desa;
  4. Lintas Badan/Instansi.
  5. Jaringan komunikasi data
  6. Komputer (PC), Printer
  7. Alat Tulis Kantor
  8. Formulir Pendaftaran
  9. Buku Peraturan Perundang-undangan

Peringatan

Pencatatan dan Pendataan

  1. Terhadap kemungkinan lambatnya pelayanan diupayakan dengan mengintensifkan pola pelayanan;
  2. Peningkatan Kualitas SDM pelayanan;
  3. Keterbatasan Sarana dan Prasarana yang tersedia.
    1. Meregistrasi Surat Permohonan Akta Kelahiran;
    2. Memverifikasi Persyaratan di tingkat Kabupaten;
    3. Melakukan entri data oleh operator SIAK;
    4. Mencetak Kutipan Akta Kelahiran;
    5. Penyerahan Akta Kelahiran.

 

 

 










 

 

 

 

 

 

Uraian Prosedur

Pelaksana

Mutu baku

ket

Akta Kelahiran

Kadis

sekdis

Kabid

Kasi

Operator

Petugas Leges

Pront ofice

Desa

Kelengkapan

Waktu

output

1

 

Pengisian Formulir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Formulir F.2.01

 

 

 

Formulir Aktif

 

2

Pengambilan Nomor Antrian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mesin Antrian

1 mnt

 

Resi No Antrian

 

3

Penyerahan Berkas Persyaratan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Surat Pengantar Kelahiran dari Dokter/Bidan/Rumah Sakit/RB/Penolong Kelahiran;
  2. Foto copy Kartu Keluarga;
  3. Foto Copy KTP kedua Orang Tua;
  4. Foto copy Akta Nikah yang di legalisir;
  5. Foto copy KTP 2 orang saksi;
  6. Mengisi Formulir F-2.0.1;
  7. Foto copy Paspor / KITAS/KITAP bagi WNA;
  8. Dokumen yang sudah di terjemahkan dan di legalisir oleh kedutaan yg bersangkutan;

15 mnt

 

 

 

4

Memverifikasi Persyaratan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peraturan Perundang-undangan

5 mnt

Persyaratan Lengkap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Registrasi Berkas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Buku Register/Database SIAK/2 orang saksi

5 mnt

Resi Penerimaan Berkas

 

6

Pencetakan Dokumen

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Blanko Akta Kelahiran

5 mnt

Dokumen

 

7

Paraf dan Penandatanganan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dokumen akta

10 mnt

Pengesahan oleh pejabat

 

8

Pengecapan dan Pengarsipan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dokumen Kutipan Akta Kelahiran

10 mnt

Akta Kelahiran

 

9

Entry Data SMS Centre dan Penyerahan dokumen

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dokumen Kutipan Akta Kelahiran

15 mnt/hari ke 14

Dokumen akta Kelahiran yang telah di tandatangani

 

 

 

Last Updated (Thursday, 19 December 2013 13:38)