SEJARAH ORGANISASI


Sejarah Organisasi
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purwakarta


Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purwakarta adalah Dinas yang langsung berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati sebagai Kepala Daerah, data kependudukan adalah salah satu indikator penentu kebijakan pembangunan suatu daerah yang mencakup data biodata penduduk dari data tersebut dapat disimpulkan kebijakan apa yang seharusnya diterapkan di wilayah tersebut.

Pada tahun 2000, dengan Peraturan Daerah Kabupaten Purwakarta Nomor 22 Tahun 2000, berdasarkan Keputusan Bupati Nomor 20 Tahun 2001, yang merupakan gabungan dari Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah, Kantor Catatan Sipil dan Kantor Departemen Transmigrasi Kabupaten Purwakarta dengan nama baru yaitu Dinas Kependudukan yang pada saat itu di pimpin oleh Drs. H. Bambang Sutrisno, M.M. Kemudian pada tahun 2005, masih dengan Kepemimpinan Drs. H. Bambang Sutrisno, M.M., Dinas Kependudukan diubah menjadi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana dengan adanya penggabungan BKKBN Kabupaten Purwakarta. Pada tahun 2009, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana diubah Menjadi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purwakarta yang di pimpin oleh Ir. H. Agus R. Suherlan, M.M., sesuai dengan Perda No. 10 tentang Pembentukan Dinas Daerah Kabupaten Purwakarta. Pada tahun 2014 Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purwakarta terjadi penggantian pimpinan yaitu Drs. H. Balya Susila Ilyas, M.M.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purwakarta Berdasarkan Undang-Undang No. 24 tahun 2013 tentang Admnistrasi Kependudukan adalah instansi pelaksana untuk urusan kependudukan dan pencatatan sipil yang ada di Kabupaten Purwakarta yang dalam pelaksanaannya adalah sebagai penerbit dokumen kependudukan dan pencatatan sipil, oleh karenanya pada tahun 2013 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purwakarta menjadi Pilot Project Direktorat Jenderal Administrasi Kependudukan dengan berhasilnya memperoleh sertifikasi ISO 9001:2008 untuk kualitas manajerial pelayanan, serta ISO 27001:2005 untuk keamanan data, dan pada tahun 2015 kembali mendapat sertifikat yang sama untuk yang kedua kalinya, dengan diperolehnya sertifikasi tersebut tentunya mengundang banyak daerah di Indonesia khususnya Dinas Kependudukan yang berada diluar pulau jawa untuk melakukan studi banding, dan sampai dengan tahun sekarang tercatat lebih dari 100 Kabupaten/Kota yang melakukan kunjungan.

Kemudian berdasarkan Peraturan Bupati Purwakarta No. 9 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Purwakarta, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purwakarta adalah salah satu dinas yang memakai type A dalam strukur organisasinya, dengan Kepemimpinan Drs. H. Sulaeman Wilman, M.Si.

Daftar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purwakarta
1. Drs. H. Anin Haryono > Kepala Kantor Capil
2. Drs. H. Sofyan Effendi, M.Si. > Kepala Dinas Kependudukan > Periode 1995-2001
3. Drs. H. Bambang Sutrisno > Kepala Badan Kependudukan dan Capil Keluarga Berencana > Periode 2001-2008
4. Ir. H. Agus R Suherlan, M.M. > Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil > Periode 2008-2015
5. Ir. H. Balya Susila Ilyas, M.Si. > Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil > Periode 2015-2016
6. Drs. H. Sulaeman Wilman, M.Si. > Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil > Periode 2016 s.d Sekarang