BERITA


Daftar Akta kelahiran dan KK Online, SIPILA saja

19 Desember 2019 Tim Sosial Media Disdukcapil Purwakarta

Apa kabar SIPILA? Aplikasi daring pertama yang diluncurkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ini adalah kepanjangan dari Sistem Informasi Pendaftaran Terintegrasi Layanan Adminduk yaitu sebuah aplikasi pendaftaran online untuk layanan paket 2 in 1 Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga serta Akta Kematian dan Kartu Keluarga. Sampai saat ini aplikasi tersebut masih berjalan dan terus dilakukan pengembangan agar lebih mudah lagi digunakan oleh masyarakat.

Jumlah akun yang terdaftar saat ini berjumlah 1044 NIK dengan jumlah total pendaftaran Akta Kelahiran dan KK sebanyak 179 pendaftar dan Akta Kematian dan KK sebanyak 3 pendaftar. Saat ini sedang kami kembangkan agar aplikasi ini bisa digunakan dalam sistem android yang nantinya terpisah dalam web dan dapat diunduh dalam playstore.

Abdul Mufid salah satu warga yang telah memanfaatkan SIPILA Online

Sipila online saat ini bisa mendaftarkan Akta Kelahiran yang berumur 5 tahun kebawah sejak tanggal kelahirannya dan 10 tahun kebawah untuk pendaftaran Akta Kematian dari tanggal peristiwa kematiannya. Dan saat pengambilan Akta Kelahiran tidak lagi menghadirkan dua orang saksi, saksi hanya diminta untuk memberikan fotocopy KTP nya saja saat proses pendaftaran.

Untuk Media Informasi kepada masyarakat terkait dengan proses layanan aplikasi tersebut kami sediakan layanan SMS Gateway (0877-7006-9688) sebagai media informasinya, atau jika masyarakat menemui kendala atau pertanyaan seputar proses layanan administrasi kependudukan baik itu secara daring atau pelayanan tatap muka kami sediakan juga layanan WhatsApp Interaktif (0877-7006-9688) yang nantinya akan di pandu oleh petugas kami untuk menjelaskan solusi atas kendala yang dialami.


Bagikan :
Facebook
Twitter
Salin URL


Berita Lainnya